Review Ban Corsa Platinum R99


Akhirnya setelah kurang lebih 2 tahun, motor kesayangan Mio Sporty mewajibkan ganti ban depan karena udah kehabisan alur tapak, awalnya sih memakai FDR Genzi 80/80 R14 karena terpesona dengan motif kembangannya yang terlihat sporti dan profil ban yang tipis jadi kalo terlihat dari samping seperti mobil yang menggunakan pelek besar dengan ban tipis, tetapi pilihan ban ini ternyata sedikit mengecewakan, terutama dengan kemampuannya mencengkeram aspal, jadi setiap kali nikung tajam selalu merasa was was merasa seperti mau kepleset aja alhasil mesti pelan - pelan deh.

Pengalaman ban FDR Genzi itulah yang akhirnya kali ini saya beneran pilih - pilih ban untuk bagian depan motor, survei dimulai dari mengecek berbagai merek ban seperti Zeneos, FDR, Aspira, Michelin, Pirelli, Swallow dan Corsa kemudian mencari ban dengan ukuran ring 14 dan profil tipis 80/80 biar ban terlihat cakep, plus ditambah mencari yang mampu mencengkeram aspal lebih baik.

Corsa Platinum R99 80/80 R14

Alhasil saya kepincut dengan penampilan Corsa Platinum R99, dan survei berlanjut ke situs resminya yaitu www.corsatire.co.id untuk mengetahui lebih lanjut seperti apa ban ini ditawarkan berdasarkan kata si pembuatnya. Menurut Corsa, ban seri Platinum R99 ini dikhususkan untuk motor kategori Sport seperti Yamaha Vixion, Honda CB 150 dan sebagainya. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ban motor ini yaitu sebagai berikut:

> Menggunakan bahan pilihan untuk kompon medium yang sangat sempurna mencengkeram jalan
> Desain telapak memanjang memakasimalkan pembuangan air di jalan basah
> Konstruksi khusus yang memaksimalkan performa ban pada kecepatan tinggi

Oke deh setelah membaca dan survei - survei sana sini, meluncurlah saya ke situs - situs belanja online untk mencari harga jual termurah, dan sudah pasti Bukalapak mennjadi acuan saya, harga jualnya berkisar antara 140rb hingga 170rb, berkeliling mencari kombinasi harga termurah dan ongkos kirim termurah ternyata tidak didapat, saya terkena berat beban biaya di berat ban hehehe, maka pilihan terbaik belanja langsung deh di toko ban kota Semarang, keputusan saya memilih Planet Ban, karena toko ini lumayan ramai dan cukup populer dengan harga jual yang bersaing plus isi angin ban gratis dengan nitrogen.

Meluncur ke Planet Ban, tanya harganya ban Corsa Platinum R99, dijual dengan harga 169 ribu, ya sudah deal aja, harga yang nurut saya memang lumrah, segera bongkar tuh ban depan motor, hanya butuh kisaran 15 menit untuk penggantian ban, kerja yang cukup cepat dengan hasil yang baik.

Corsa Platinum R99 80/80 R14

Bagaimana hasilnya ? yaap sesuai dengan yang dikatakan Corsa, ban Platinum R99 ini punya handling yang bagus terutama saat meninkung, termasuk ketika melakukan pengereman mendadak, ban ini mampu mencengkeram aspal dengan baik, lebih baik dari FDR Genzi, tapi saya ngga mencoba sampai nikungnya ala pembalap Moto GP loo yaa, karena saya bukan penggemar kecepatan tinggi (alih - alih takut ngebut ...) dan lagi pula saya lebih suka mengendarai motor dengan santai, tampang ban yang sporti seperti Corsa Platinum R99 ini lebih terasa buat gaya aja bagi saya.

Selamat berkendara dengan Aman 😀